SYAHIDNYA SAYYIDINA ANAS BIN NADHAR Rhadiyallahu anhu







Kisah syahidnya sayyidina Ana's bin nadhar rhadiyallahu'anhu

      Sayyidina Anas bin nadhar rhadiyallahu 'anhu adalah seorang sahabat nabi shallallahu alaihi was sallam Yang tidak bisa menyertai perang badar. ia sang at menyesal Dan sering mencela dirinya sendiri,"ini peperangan besar pertama dalam sejarah Islam, Dan kamu tidal bisa ikut? ".keinginan dia adalah," jika Ada peperangan lagi, aku akan berkorban habis-habisan  untuk  tebusannya. "Ternyata kesempatan itu datang ketika perang uhud, Ia turut serta sebagai pejuang yang gagah berani.
      Pada mulanya kaum Muslimin telah mendapatkan kemenangan dalam perang tersebut. Namun,karena suatu kekhilafan, kaum Muslimin menderita kekalahan pada akhir perang. Kekhilafan itu bemula darki beberapa orang sahabat Rhadiyallahu anhum Yang di tugaskan oleh baginda nabi shallallahu alaihi wasallam berpesan, " sebelum Ada perintah dari aku ,jangan tinggalkan temp at ini ! Music dapat menyerang dark sini."
      Ketika permulaan perang,  kaum Muslimin memperoleh kemenangan. Melihat orang-orang kafir melarikan diri, para sahabat.radhiyallahu anhum Yang di tugaskan menjaga tempat itu, meniggalkan tempatnya .mereka beranggapan perang telah selesai, sehinggah orang-orang kafir harus dikejar Dan harta rampasan dapat dikumpulkan.  Sebenarnya pemimpin pasukan ini sudah melarang Dan meninggalkan pesan baginda nabi shallallahu alaihi wasallam , "kalian jangan meninggalkan tempat ini !". Akan tetapi , mereka menduga perintah baginda nabi shallallhu alaihi wasallam itu hanya berlaku ketika perang berlangsung. Oleh Karen's itu, mereka pun turun dari sana .
      Saat itulah orang kafir Yang sedang melarikan diri melihat tempat itu telah kosong,  mereka segerah kembali .Dan menyerang kaum Muslim dari arah sana .hal ini sama sekali tidak di duga oleh kaum muslimin ,sehingga .mereka terdesak karena serangan tiba - tiba itu , dan Terjepit diantara 2 kepungan orang -orang kafir .karen itulah mereka berhamburan kesana kemari dalam leadaan panik .
     Sayyidina annas bin nadhar radhiyallahu anhu melihat sayyidina ma'adz radhiyallahu 'anhu datang dari arah depan .sayyidina annas radhiyallahu 'anhu berkata "hai sa'ad ,mau kemana engkau ?demi allah , aku mencium bau surga dari arah uhud !" Setelah berkata deminkian ,ia mengacungkan pedang di tangan nya dan merangsek di tengah kaum kafir , dengan bertekat tidak akan kembali sebelum syahid .selepas kesyahidannya , tubuhnya diperiksa sudah rusak .terdapat lebih dari delapan puluh luka akibat tebasan pedang dan panah di tubuh nya.hanya saudara perempuannya hang mengenalinya melalui ujung jari -jari tanganya .
  
              FAIDAH  
      Orang yang ikhlas dan bersungguh -ku sungguh menunaikan - perintah allah subhanahu wata'ala ketika di dunia pun allah subhanahu wata'ala memberinya kesempatan untuk merasakan nikmatnya syurga , inilah kisah sayyidina anas bin nadhar radhiyallahu anhu yang telah mencium bau syurga saat masih hidup .jika keikhlasan sudah tertanam pada diri seseorang , nikmat syurga pun akan dirasakan di dunia .

      Saya juga mendengar langsung seseorang yang terpercaya , khadim yang ikhlas maulana syah abdurrahim raipuri rahmatullah alaih , bahwa syah raipuri rahmatullah alaih berkata ," kenikmatan syurga sedang saya rasakan ." Kisah dia telah di tulis dalam risalah fadhilah amal atau nantikan dalam postingan saya selanjutnya .

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »